Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

AKBAR, - (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AKBAR.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Akbar, (2024) : Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pre-test dan post-tes yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ keterampilan berbicara bahasa arab peserta didik sebelum menerapkan metode Role playing di SMP 2 Muhammadiyah Pekanbaru?” “ Bagaimana keterampilan berbicara bahasa arab peserta didik sesudah menerapkan metode Role playing di SMP 2 Muhammadiyah Pekanbaru ?” Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Dengan sampel siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah efektivitas penggunaan metode Role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di Kelas 2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode role playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pembelajaran bahasa arab berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Hal ini dapat kita lihat nilai t tabel dengan jumlah sample (df) 56 orang pada taraf 5% = 1.672 dan pada taraf 1% = 2.396. dan jika di lihat dari nilai t hitung ialah (10.481) > t tabel dengan taraf 5% = (1.672) dan 1% = 2.396. dan secara signifikansi bahwasannya nilai 0.022 < 0.05. Maka dari itu dapat di simpulan bahwasannya terdapat perbedaan anatar Pre-test dan post-test pada kelas eksperimen Ho: Tidak terdapat perbedaan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode Role playing dalam pembelajaran bahasa arab pada peserta didik kelas VII A SMP 2 Muhammadiyah Pekanbaru. Ha: Terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara sebelum dan sesudah menggunakan metode role playing dalam pembelajaran bahasa arab pada peserta didik kelas VII A SMP 2 Muhammadiyah Pekanbaru. Kata Kunci : Metode, Role playing , ketrampilan berbicara, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPROMADI, -2027086401pormadi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jan 2025 05:29
Last Modified: 08 Jan 2025 05:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85252

Actions (login required)

View Item View Item