Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK KELOMPOK ACAK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KOTO TUO BARAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Dasmarita (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TEKNIK KELOMPOK ACAK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KOTO TUO BARAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012678.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Teknik Kelompok Acak dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian in adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 21 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Kelompok Acak untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Teknik Kelompok Acak, dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Koto Tuo Barat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Hasil belajar siswa jauh lebih meningkat dibandingkan pada sebelum tindakan. Sebagaimana diketahui ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 19 orang (90,48%) siswa yang tuntas. Sedangkan 2 orang siswa (9,48%) belum tuntas, artinya hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sebesar 75%, adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan dalam penelitian ini adalah 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:20
Last Modified: 26 Oct 2016 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8525

Actions (login required)

View Item View Item