KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN HASIL BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMATIKA PEKANBARU

Rahmad Saleh Siregar, (2012) KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN HASIL BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMATIKA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012677.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Korelasi Persepsi Siswa Tentang Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Hasil Belajar di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi Informatika Pekanbaru. Salah satu aspek penting yang ikut berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa, sekaligus merupakan salah satu indikator untuk mengukur pandangan siswa terhadap proses belajar adalah persepsi. Persepsi pada seorang individu akan berpengaruh terhadap cara pandang orang tersebut akan suatu objek. Jadi, persepsi merupakan suatu cara atau alat untuk mengukur sesuatu sehingga bisa bernilai negatif atau positif. Persepsi juga merupakan komponen terpenting yang terdapat di dalam jiwa seseorang, baik itu yang datang dari dalam maupun dari luar individu. Persepsi disebut inti komunikasi, karena jika persepsi tidak akurat, tidak mungkin berkomunikasi dengan efektif. Persepsilah yang menentukan seseorang memilih suatu pesan dan mengabaikan pesan yang lain. Begitu juga persepsi siswa terhadap suatu mata pelajaran, apabila persepsinya baik atau positif, maka pesan yang disampaikan guru akan dapat diterima dengan baik oleh siswa dan akan dapat meningkatkan hasil belajar dan sebaliknya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuisignifikansi Korelasi Persepsi Siswa Tentang Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Hasil Belajar di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi Informatika Pekanbaru. Data yang terkumpul dalam penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan rumus atau tehknik koefisien korelasi serial, karena variabel dalam penelitian ini bergejala ordinal dan interval. Setelah penulis memperoleh data dari lapangan dengan alat pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi, kemudian penulis menganalisanya. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan hasil belajar di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi dan Informatika Pekanbaru. Secara kuantitatif melalui korelasi serial di peroleh angka rch = 0,422 yang lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5 % = 0,413 yang dapat di gambarkan sebagai berikut : Pada taraf signifikan 5% = 0,413 < 0,422 Pada taraf signifikan 1 % = 0,526 > 0,422 Dengan demikian diterima dan ditolak, yang berarti ada korelasi yang signifikan antara Persepsi Siswa Tentang Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Hasil Belajar di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi Informatika Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:19
Last Modified: 26 Oct 2016 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item View Item