PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SURAT SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Mulyani, (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL SURAT SURAT PENDEK MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012667.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah melalui penerapan Strategi Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek melalui Strategi Index Card Match. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Strategi Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Hasil kemampuan siswa dalam menghafal surat –surat pendek pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 44% dengan kategeroi “Kurang Baik” karena berada pada rentang 40-55%. Pada siklus I kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek meningkat dengan persentase 62% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 56-75%. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus II kemampuan siswa dalam menghafal surat-surat pendek mengalami peningkatan dengan sangat memuaskan dengan persentase 81% dengan kategori “Baik” karena berada pada rentang 76-100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:08
Last Modified: 26 Oct 2016 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8521

Actions (login required)

View Item View Item