PELAKSANAAN TUGAS GURU SEBAGAI INOVATOR DI MADRASAH TSANAWIYAH SHIROTUL HUDA KECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Fitria, (2012) PELAKSANAAN TUGAS GURU SEBAGAI INOVATOR DI MADRASAH TSANAWIYAH SHIROTUL HUDA KECAMATAN KELAYANG KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012663.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Tugas guru sebagai inovator atau pembaharu adalah mampu menyebarluaskan ide-ide baru berupa ilmu pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik. Pembaharuan (inovasi) dalam proses pembelajaran tersebut tidak terlepas dari tugas guru sebagai inovator diantaranya, guru melakukan kegiatan yang kreatif, guru mampu menemukan strategi, metode, atau konsep-konsep yang baru dalam konsep pengajaran, guru mampu menemukan strategi dan metode mengajar yang efektif, guru mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan strategi dan metode mengajar serta guru mau mencoba dan menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang baru. Namun kenyataan dilapangan Pelaksanaan Tugas Guru sebagai Inovator di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang masih terdapat gejala guru yang belum menggunakan strategi mengajar yang kreatif, masih ada guru yang selalu menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, masih ada guru yang belum bisa menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran dan masih ada guru yang menggunakan buku paket pembelajaran yang lama. Berdasarkan studi pendahuluan di atas, maka rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Tugas Guru sebagai Inovator di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayan; 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Tugas Guru sebagai Inovator di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Tugas Guru sebagai Inovator di MTs Shirotul Huda kecamatan kelayang; 2) Untuk mengetahui faktor –faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Tugas Guru sebagai Inovator di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Lokasi penelitian di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang, subjek penelitiannya adalah guru-guru di MTs Shirotul Huda dan objek penelitian adalah Pelaksanaan Tugas Guru sebagai Inovator di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu, sedangkan populasi penelitian ini adalah 14 orang guru MTs Shirotul Huda. Untuk memenuhi tujuan dari penelitian ini, maka dilakukan pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi seluruh guru MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) pelaksanaan tugas guru sebagai inovator di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu dikategorikan kurang optimal. Hal ini diperoleh dari persentase yang diperoleh pada penelitian yang peneliti lakukan berada pada persentase 50% - 75% yaitu 50,23%. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tugas guru sebagai inovator di MTs Shirotul Huda Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu yaitu : faktor dari dalam diri guru diantaranya, tingkat pengetahuan (ilmu) guru dan tingkat pendidikan guru. Fasilitas yang belum memadai dan kurangnya guru dalam mengikuti pelatihan-pelatihan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:06
Last Modified: 26 Oct 2016 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8520

Actions (login required)

View Item View Item