PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

Masriah Lubis, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012662.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Sedangkan proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tekhnik observasi dan wawancara, kemudian seluruh data di analisis untuk memperoleh hasil. Dari penelitian ini diperoleh hasil tentang penerapan model pembelajaran kotekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan oleh guru A tergolong tidak baik karena berada pada 34,28%, guru B tergolong tidak baik karena berada pada 42,85%, guru C tergolong kurang baik karena berada pada 65,71%. Dari penelitian ini diperoleh hasil rekapitulasi observasi keseluruhan tentang penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan tergolong tidak baik karena berada pada 47,61%. Hal ini sesuai dengan hasil observasi penulis dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Dalam hal ini juga dikarenakan masih ada aspek aspek penerapan model pembelajaran kontekstual yang belum maksimal penerapannya dan ada beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran kontekstual seperti; Faktor psokologis, Faktor sarana dan prasarana yang ada disekolah, Faktor sosial, Faktor kesiapan anak dalam menerima pelajaran dan paradigma pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:05
Last Modified: 26 Oct 2016 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8519

Actions (login required)

View Item View Item