PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 ROKAN IV KOTO KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

Lisnawati, (2012) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 ROKAN IV KOTO KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012659.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rokan IV Koto bertujuan mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Rokan IV. Sampel penelitian adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII yang berjumlah 1(satu) orang, dan 47 orang siswa, diantaranya terdiri dari dua kelas, kelas VII 1 berjumlah 23 siswa dan kelas VII II berjumlah 24 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data tentang pengaruh pemberian reward dan data tentang motivasi belajar siswa adalah melalui observasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan presentase untuk mengetahui pemberian reward oleh Guru Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam, data dianalisa secara statistik melalui teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisa data, penelitian ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan atara pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Rokan IV Koto. Secara kuantitatif diperoleh rxy = 0,838 lebih besar pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikan 1% (0,497<0,838>0,623). Pemberian reward oleh Guru Pendidikan Agama Islam termasuk kategori tinggi, secara kuantitatif diperoleh skor sebesar 76,66%. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk kategori tinggi, secara kuantitatif diperoleh skor sebesar 76,87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:04
Last Modified: 26 Oct 2016 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8518

Actions (login required)

View Item View Item