Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF REGULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM TAHFIZH AL QUR'AN DI SMA IT MA'HAD AL UTSAIMIN ISLAMIC BOARDING SCHOOL BANGKINANG

FEBRIO FIRDAUS, - (2024) PENGARUH SELF CONCEPT DAN SELF REGULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM TAHFIZH AL QUR'AN DI SMA IT MA'HAD AL UTSAIMIN ISLAMIC BOARDING SCHOOL BANGKINANG. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Febrio Firdaus, (2024): Pengaruh Self Concept dan Self Regulation terhadap Hasil Belajar Siswa Program Tahfizh Al Qur'an di SMA IT Ma'had Al-Utsaimin Islamic Boarding School Bangkinang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self concept dan self regulation terhadap hasil belajar siswa pada program tahfizh al-Qur'an di SMA IT Ma'had Al-Utsaimin Islamic Boarding School Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Ma'had Al-Utsaimin Islamic Boarding School sebanyak 242 siswa, sedangkan sampelnya sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Self concept berpengaruh negatif signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa dalam program tahfizh al-Qur’an. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai t hitung < t tabel (-2,335 < 1.725), maka H0 ditolak. Sedangkan nilai signifikansi t hitung < alpha (0.029 < 0.05). 2) Self regulation tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hasil belajar siswa dalam program tahfizh al-Qur’an. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t hitung < t tabel (0,209 < 1.725), maka H0 diterima. Sedangkan nilai signifikansi t hitung > alpha (0.836 > 0.05). 3) Self concept dan self regulation secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam program tahfizh al-Qur’an. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel (3,736 > 3,467) maka Ho ditolak. Sedangkan nilai signifikansi f hitung < alpha (0.040 < 0.05). Kontribusinya sebesar 50,4%, sedangkan sisanya sebesar 49.6% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Self Concept, Self Regulation, Hasil Belajar, Program Tahfizh

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRisnawati, -2022088101risnawati@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMUSLIM AFANDI, -2015076501muslim.afandi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Jan 2025 01:50
Last Modified: 07 Jan 2025 01:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85169

Actions (login required)

View Item View Item