HENDRIZAL, - (2024) IMPLEMENTASI SISTEM REKRUTMEN INTERNAL TENAGA PENDIDIK DAN PENGASUH SISWA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN BINTARA POLRI DI SPN POLDA KEPULAUAN RIAU TANJUNGBATU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem rekrutmen internal (penunjukan atau pemilihan) tenaga pendidik dan pengasuh siswa pendidikan dan pembentukan Bintara Polri pada SPN Polda Kepulauan Riau Tanjungbatu, dan mengetahui faktor kendala atau hambatannya. Penelitian mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian yaitu Kepala SPN, Koorgadik, Kakorsis, Kabagjarlat, Kasubbarenmin, Kanit Provos, Staf Gadik, Staf Korsis, Gadik dan pengasuh SPN Polda Kepulauan Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan Conclusion Drawing atau Verification (penarikan kesimpulan atau verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi sistem rekrutmen internal tenaga pendidik dan pengasuh dilakukan secara bertahap, dimulai dari: a) menyusun rengiat dan kebutuhan gadik dan pengasuh dari sumber internal; b) menyusun tahapan-tahap rekrutmen (menyiapkan database, mapping/track record calon, proses seleksi (rapat internal satker, draf pengusulan calon, rapat bersama PJU dan assessment); c) menyusun SOP pelaksanaan, d) menentukan persyaratan kualifikasi akademik berdasarkan aturan Lemdiklat Polri, e) Analisa jabatan dengan mengindentifikasi kualifikasi akademik, keterampilan, dan pengalaman kerja, f) pembentukan tim/panitia seleksi, g) menggunakan metode simulasi (praktek mengajar) dan assessment, h) penentuan waktu dan tempat pelaksanaan. 2) kendala dalam implemetasi sistem rekrutmen internal tenaga pendidik dan pengasuh adalah: a) standar kompetensi dan kualifikasi akademik yang ditentukan oleh Lemdiklat Polri untuk tenaga pendidik dan pengasuh tidak sebanding dengan kualifikasi SDM personil yang tersedia; b) tim uji kompetensi untuk setiap mata pelajaran belum terbentuk, dan proses seleksi dilakukan melalui rapat internal satker, rapat bersama PJU SPN, dan pelaksanaan assessment; dan c) metode seleksi praktik mengajar dan assessment yang digunakan belum mampu sepenuhnya mengidentifikasi atau mengevaluasi kompetensi yang dimiliki oleh calon gadik dan pengasuh.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2025 01:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jan 2025 01:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |