PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PENANAMAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TALUK KUANTAN

Rika Anggraini, (2012) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PENANAMAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TALUK KUANTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012641.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

Kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan kepribadian guru yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan beribawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Sedangkan akhlak adalah keadaan bathin seseorang yang didorong oleh prilaku baikdalam kehidupan sehari-hari yang dicerminkan dalam ucapan, sikap dan perbuatan. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan gejala yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman akhlak siswa. Gejala tersebut adalah masih ada siswa yang berbicara tidak sopan kepada gurunya, siswa yang memilih-milih teman, siswa yang tidak suka sama gurunya, siswa yang berpakaian yang tidak sesuai dengan syariat islam dan siswa yang tidak mau di nasehati guru. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut ke dalam sebuah penelitian yang berjudul : Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Penanaman Akhlak Siswa di SMA N 2 Taluk Kuantan. Dan untuk memudahkan penulis meneliti masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah yakni apakah ada pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel x (kompetensi kepribadian guru) dan variabel y (penanaman akhlak siswa). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus product moment. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,694lebih besar dari pada taraf signifikan 1% 0,449 dan 5% 0,349. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho di tolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman akhlak siswa di SMA N 2 Taluk Kuantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:53
Last Modified: 26 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8515

Actions (login required)

View Item View Item