HUBUNGAN PERHATIAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Ernawati, (2012) HUBUNGAN PERHATIAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012638.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan proses yang kompleks. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar proses belajar mendapatkan hasil yang baik. Faktor tersebut bisa berasal dari dalam diri Siswa (intern) dan berasal dari luar diri Siswa (ektern). Perhatian merupakan persyaratan utama dalam proses belajar mengajar. Apabila tidak ada perhatian dalam belajar, maka tidak ada belajar dalam arti yang sebenarnya. Di samping itu hasil belajar siswa juga tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian semakin tinggi perhatian seseorang dalam proses pembelajaran maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh, demikian pula sebaliknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara tingkat perhatian dalam pembelajaran pendidikan agama islam dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Tambang? Selanjudnya untuk memperoleh data digunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari angket akan dianalisis dengan menggunakan rumus “ korelasi serial”. Hasilnya sebagai berikut: Dari korelasi perhatia dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan prestasi belajar Siswa hasilnya diperoleh “r” = 0,562 lebih besar dari “rtabel” pada taraf signifikan 1%=0,302 dan 5%=0,232 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya perhatian dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar ada hubungannya dengan prestasi belajar siswa itu sendiri. Hasil pengujian hipotesa ini semakin mempertegas bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh multivariabel, salah satunya adalah perhatian siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:48
Last Modified: 26 Oct 2016 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item