HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Nurhasanah, (2012) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012632.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua adalah suatu keseluruhan interaksi antara orang tua dengan anak, di mana orang tua bermaksud menstimulasi anaknya dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan serta nilai-nilai yang dianggap paling tepat oleh orang tua. Sedangkan motivasi belajar adalah kondisi psikologis yang merupakan swadaya penggerak dalam diri seseorang untuk memulai suatu kegiatan atau aktivitas belajar atas kemauannya sendiri dalam menyelesaikan tugas tepat waktu, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bangkinang Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Bangkinang pada tahun ajaran 2012 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang pola asuh orang tua dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus product moment. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel x (pola asuh orang tua) dan variabel y (motivasi belajar siswa). Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,444 lebih besar dari pada taraf signifikan 5% 0,396 namun lebih kecil dari taraf signifikan 1% 0,505 . Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho di tolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Bangkinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:47
Last Modified: 26 Oct 2016 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8513

Actions (login required)

View Item View Item