ROSMANIA, - (2024) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA MTs NURUL YAQIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ROSMANIA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (958kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rosmania, (2024) : Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa MTs Nurul Yaqin Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas yang signifikan antara model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTs Nurul Yaqin Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara lain kurangnya hasrat dan keinginan berhasil siswa dalam belajar, kurangnya dorongan dan kebutuhan dari diri siswa untuk belajar, kurangnya penghargaan dalam pembelajaran, dan tidak terdapat kegiatan yang menarik dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non-equivevalent Control-Group. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 49 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh seluruh siswa kelas VIII berjumlah 49. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Data Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Independent sampel T test, dan Uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa MTs Nurul Yaqin Pekanbaru terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X terhadap variable Y yaitu Sig = 0,000, t hitung = 4.419, df = nk = 50-2 = 48 dengan harga titik t tabel sig 5% = 1.677, Sehingga diperoleh t hitung > t tabel atau 4.419 > 1,677. Atau 0,000 <0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT), Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2024 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 30 Dec 2024 03:14 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85116 |
Actions (login required)
View Item |