Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA MTs NURUL YAQIN

ROSMANIA, - (2024) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA MTs NURUL YAQIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROSMANIA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (958kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rosmania, (2024) : Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa MTs Nurul Yaqin Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas yang signifikan antara model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together terhadap motivasi belajar IPS siswa di MTs Nurul Yaqin Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS antara lain kurangnya hasrat dan keinginan berhasil siswa dalam belajar, kurangnya dorongan dan kebutuhan dari diri siswa untuk belajar, kurangnya penghargaan dalam pembelajaran, dan tidak terdapat kegiatan yang menarik dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non-equivevalent Control-Group. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 49 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh seluruh siswa kelas VIII berjumlah 49. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Data Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Independent sampel T test, dan Uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa MTs Nurul Yaqin Pekanbaru terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X terhadap variable Y yaitu Sig = 0,000, t hitung = 4.419, df = nk = 50-2 = 48 dengan harga titik t tabel sig 5% = 1.677, Sehingga diperoleh t hitung > t tabel atau 4.419 > 1,677. Atau 0,000 <0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT), Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlimuddin Hasa, --Alimuddin Hasan@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Dec 2024 03:14
Last Modified: 30 Dec 2024 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85116

Actions (login required)

View Item View Item