PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I TAPUNG

Ishlacha, (2012) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012627.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapungtahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapung yang berjumlah 101 siswa dari 4 kelas.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling, dimana penulis menggambil sampel 30% dari jumlah siswa perkelasnya,jadi masing-masing kelas diambil 7-8 siswadan jumlah persentase keseluruhan sampel 30 siswa. Variabel dalam penelitian inikedisiplinan guru dalam mengajar sebagai variabel bebas (X) serta hasil belajarsebagai variabel terikat (Y). Tekhnik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, wawancara,dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwakedisiplinan guru dalam mengajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penulis menyimpulkan bahwa kedisiplinanguru dalam mengajar tergolong cukup disiplin yakni sebesar 56.7%, sedangkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam juga tergolong sedang, yakni sebesar 56.7 %.Melalui uji SPSS versi 16.0 for window korelasi product moment,hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0.373, tanda negatif menunjukkan arah korelasi.Pada taraf signifikansi 1% yaitu 0.361<0.373<0.463. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh antara kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Tapung. Adapun koefisien determinasi (R square) adalah 0.139%. konstribusi kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa adalah 13.9% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru selalu meningkatkan kedisiplinan dalam mengajar baik dalam disiplin waktu maupun disiplin perbuatan dan tingkah laku untuk mencapai hasil belajar siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:29
Last Modified: 26 Oct 2016 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8511

Actions (login required)

View Item View Item