PENGARUH KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH LKMD KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

Elva Novita Sary, (2012) PENGARUH KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH LKMD KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012626.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas oleh guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah LKMD Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten tahun ajaran 2011/2012 . Populasi dalam penelitian ini adalah Guru bidang studi Al-Qur’an Hadits yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah LKMD Kasikan yang berjumlah 101 siswa dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling, dimana penulis menggambil sampel 30% dari jumlah siswa perkelasnya, jadi masing-masing kelas diambil 10 siswa dan jumlah persentase keseluruhan sampel 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan pengelolaan kelas oleh guru sebagai variabel bebas (X) serta motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Tekhnik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas oleh guru memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas oleh guru ialah sebesar 76.7% atau pada kategori sedang, sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits ialah sebesar 60% atau pada kategori sedang. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.652 pada taraf signifikansi 1% yaitu 0.652> 0.361 dan 0.463. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas oleh guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah LKMD Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru selalu meningkatkan keterampilan pengelolaan kelas untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal. Kata Kunci : Keterampilan Pengelolaan Kelas Oleh Guru Dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:17
Last Modified: 26 Oct 2016 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8510

Actions (login required)

View Item View Item