Ainul Mardiyah Harahap, - (2024) ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM UD FORMULA MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV DI PADANG LAWAS UTARA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ainul Mardiyah Harahap (2024) : Analisis Loyalitas Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Air Minum UD Formula Menggunakan Rantai Markov di Padang Lawas Utara Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan dunia bisnis, terutama dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK). Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan air minum yang higienis dan praktis, persaingan di antara produsen AMDK menjadi semakin ketat. UD Formula, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang AMDK di Padang Lawas Utara, menghadapi tantangan dari munculnya berbagai merek pesaing yang menawarkan produk dengan harga lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana loyalitas konsumen terhadap produk air minum dalam kemasan (AMDK) merek UD Formula di Padang Lawas Utara dengan menggunakan metode rantai Markov, serta melihatnya dari perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan data penjualan dari tahun 2019 hingga 2023 untuk memodelkan pola perpindahan pelanggan dan menghitung probabilitas transisi loyalitas konsumen ke merek lain. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun ada perpindahan pelanggan ke merek lain, jumlah pelanggan yang tetap loyal terhadap UD Formula lebih tinggi, yang mendorong peningkatan penjualan setiap tahun. Faktor utama yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah kualitas produk dan pelayanan, serta harga yang terjangkau. Dari perspektif ekonomi syariah, UD Formula telah sesuai dengan prinsip syariah, seperti menjaga kualitas, Harga produk UD Formula kompetitif dan terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat, dimana UD Formula tidak membedakan konsumen yang berada di kabupaten padang lawas utara dan konsumen diluar padang lawas utara harganya tetatp sama sebesar Rp.12.500 yang mencerminkan nilai keadilan dalam transaksi (keadilan dalam harga). Dan Produk telah teruji bebas dari bahan berbahaya seperti BPA, memastikan keamanan dan kualitas air ( Kehalalan produk). Kata Kunci : Loyalitas Konsumen, Rantai Markov, UD Formula
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 08:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 08:23 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85080 |
Actions (login required)
View Item |