TEDDY PURNAMA DARSI, - (2024) USULAN STRATEGI PEMASARAN USAHA MENGGUNAKAN METODE SOAR DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA UMKM “SANJAI DARSI”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB HASIL (IV DAN V).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV DAN V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha pada UMKM Sanjai Darsi dengan menggunakan metode SOAR (Strength, Opportunity, Aspiration, Result) dan memberikan usulan model bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Faktor internal yang dianalisis meliputi kekuatan produk, seperti variasi rasa, kualitas yang konsisten, serta adanya sertifikasi halal. Sementara itu, faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha termasuk tren pasar yang berkembang, persaingan dengan UMKM lain, dan dukungan pemerintah. Dari hasil analisis SOAR, beberapa strategi pengembangan usaha diusulkan, seperti memperluas jangkauan pemasaran, memperkuat kualitas produk, dan optimalisasi promosi melalui media sosial. Usulan model bisnis dengan BMC menekankan pentingnya pemahaman segmen pelanggan, peningkatan proposisi nilai produk, serta pemanfaatan saluran distribusi yang tepat. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan UMKM Sanjai Darsi dapat meningkatkan daya saingnya di pasar makanan tradisional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri | ||||||||||||
Depositing User: | fsains - | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 08:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 08:20 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85078 |
Actions (login required)
View Item |