INDAH HANNA FAJRIAH, - (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI INDAH HANNA FAJRIAH.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
Abstract
ABSTRAK Indah Hanna Fajriah (2024): Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning (DL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self-Regulated Learning (SRL) Siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self - Regulated Learning (SRL) Siswa SMA. Jenis penelitian ini yaitu Quasy Eksperimen dengan desain The Noneequivalent Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tambang dengan populasinya seluruh siswa kelas X sedangkan untuk sampelnya yaitu kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket Self-Regulated Learning, lembar observasi guru dan peserta didik dan dokumentasi kegiatan. Analisis yang digunakan yaitu uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1). Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2). Jika ditinjau dari Self-Regulated Learning tinggi, sedang dan rendah, tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara yang belajar menggunakan model Discovery Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. 3). Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan Self-Regulated Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning (DL), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Regulated Learning (SRL)
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 09:27 | ||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 09:27 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85060 |
Actions (login required)
View Item |