PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SPOTLIGHT DALAM METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PANCA INDERA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PULAU GADANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Resi Asistra, (2013) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SPOTLIGHT DALAM METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PANCA INDERA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PULAU GADANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013304PGMI.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik spotlight dalam metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Pulau Gadang Kecamatan XIII Kampar Kabupaten Kampar? Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah “meningkatakan motivasi belajar melalui teknik spotlight pada mata pelajaran IPA. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teknik pembelajaran spotlight dalam metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui dua siklus dapat dijelaskan motivasi belajar siswa pada sebelum tindakan memperoleh skor secara klasikal 382 terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor secara klasikal adalah. Dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 576. Sedangkan peningkatan juga terjadi pada siklus II pertemuan pertama memperoleh skor secara klasikal adalah 771 dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 879.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 10:59
Last Modified: 24 Oct 2016 10:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item