PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PAPAN MEMORI PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 041 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Sri Notari Kasi, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PAPAN MEMORI PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 041 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013302PGMI.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Papan Memori dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas IVSekolah Dasar Negeri 041 Tampan Kota Pekanbaru. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalahbagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Papan Memori dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas IVSekolah Dasar Negeri 041 Tampan Kota Pekanbaru.Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah murid sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik Papan Memori untuk meningkatkan hasil belajar Matematika.Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Pelaksanaan dalam penelitian ini ditempuh dalam beberapa siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Untuk mengukur hasil belajar dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal. Ketuntasan individu diukur berdasarkan pencapaian KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Sedangkan ketuntasan klasikal diukur berdasarkan keberhasilan siswa minimal 75% mencapai KKM. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Papan Memori dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada murid kelas IVSekolah Dasar Negeri 041 Tampan Kota Pekanbaru. Pada sebelum tindakan murid yang tuntas sebanyak 14 (46,7%), sedangkan pada siklus pertama meningkat menjadi 20 orang murid atau ketuntasan telah mencapai 66,7%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 26 orang murid atau dengan persentase 86,7%. Artinya hasil belajar murid telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Adapun langkah-langkah penerapan Teknik Papan Memori yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah guru membentuk murid menjadi beberapa kelompok, menyajikan materi secara singkat, kemudian menulis beberapa contoh di papan tulis, memberi tiap kelompok 2 menit untuk mengingat daftar contoh tersebut, dan meminta tiap kelompok menuliskan kembali contoh tersebut, dengan mengingat sebanyak yang mereka mampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 10:57
Last Modified: 24 Oct 2016 10:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8505

Actions (login required)

View Item View Item