Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI ASESMEN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA

HAIRUNIS, - (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
TESIS HAIRUNIS Kecuali BAB IV dan V OK .pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
TESIS HAIRUNIS BAB IV dan V (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hairunis (2024) : Implementasi Asesmen Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Program Magister Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau SMA Negeri 1 Bangkinang kota merupakan satu-satunya sekolah penggerak pada tingkat SMA di kabupaten Kampar, sebagai sekolah penggerak satu satu di kabupaten Kampar tentunya menjadi penting dilakukan penelitian dalam hal implementasi kurikulum merdeka, terlebih lagi dalam hal asesmen, dikarenakan asesmen pada kurikulum merdeka mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi, penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi asesmen kurikulum merdeka pada mata pelajajaran pendidikan agama islam di SMA negeri 1 Bangkinang kota, Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam meliputi asesmen awal terdiri dari asesmen awal tahun pelajaran dan asesmen awal pembelajaran, asesmen awal tahun pelajaran dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi profil belajar siswa yang merupakan informasi tentang kenutuhan belajar siswa, sedangan asesmen awal pada awal pembelajaran bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dan potensi siswa dalam memahami tiap materi yang akan diajarkan. Sedangkan asesmen formatif dilakukan untuk memperoleh data siswa yang mengalami kesulitan dan hambatan dalam pembelajaran, serta untuk memantau perkembangan atau kemajuan belajar siswa tersebut dan lebih kepada memberikan umpan balik yang berguna untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, asesmen sumatif dilakukan untuk mengevaluasi pencapaian hasil yang ingin dituju dalam pembelajaran secara keseluruhan. Dalam mengimplementasikan asesmen kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Bangkinang kota menumbulkan peluang dan tantangan, adapun peluang yang muncul adalah multi tasking learning, differensiasi pembelajaran, difference experience, interactive learning, dan otonomi pembelajaran. Sedangkan tantangan yang muncul adalah Manajemen kelas dalam rangka pelibatan yang setara dalam pembelajaran, Pemahaman guru tentang variasi pendekatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka, minimnya Desain materi ajar yang bersumber dari hasil penelitian dan Keterbatasan waktu pelaksaan asesmen. Sedangkan solusi yang diambil terhadap tantangan yang dihadapi adalah pemanfaatn platform merdeka mengajar (PMM) sebagai sarana mengembangkan kompetensi secara mandiri, dan kemudian dengan cara pengembangan komptensi guru melalui pembentukan komunitas belajar. Kata Kunci: Asesmen, Diagnostik, Formatif,Ssumatif, Kurikulum merdeka

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:35
Last Modified: 09 Jan 2025 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85045

Actions (login required)

View Item View Item