Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUANTAN MUDIK

ZULFARIANA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUANTAN MUDIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

ZULFARIANA(2024) :PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUANTAN MUDIK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Spontaneous Group Discussion untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuantan Mudik. Penelitian ini juga mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuantan Mudik yang berjumlah 207 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes berbicara langsung menanggapi suatu materi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif statistik dan uji t-tes yang dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui yang pertama, nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen yang menerapkan model Spontaneous Group Discussion yaitu 85,55 dan nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yaitu 72,11. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, karena nilai Thitung ≥ Ttabel 8.842 ≥ 1.667 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan model Sponntaneous Group Discussion. Kedua, terdapat 2 faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara yaitu faktor keluarga dan faktor sekolah. Kata kunci: Model Spontaneous Group Discussion, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNursalim, -2004106601Nursalim@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Dec 2024 08:06
Last Modified: 31 Dec 2024 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85033

Actions (login required)

View Item View Item