ZULFARIANA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUANTAN MUDIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
Abstract
ZULFARIANA(2024) :PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUANTAN MUDIK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Spontaneous Group Discussion untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuantan Mudik. Penelitian ini juga mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuantan Mudik yang berjumlah 207 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes berbicara langsung menanggapi suatu materi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif statistik dan uji t-tes yang dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui yang pertama, nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen yang menerapkan model Spontaneous Group Discussion yaitu 85,55 dan nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yaitu 72,11. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, karena nilai Thitung ≥ Ttabel 8.842 ≥ 1.667 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan model Sponntaneous Group Discussion. Kedua, terdapat 2 faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara yaitu faktor keluarga dan faktor sekolah. Kata kunci: Model Spontaneous Group Discussion, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 31 Dec 2024 08:06 | ||||||||
Last Modified: | 31 Dec 2024 08:06 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85033 |
Actions (login required)
View Item |