Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RESPONSIBILITY HUMAS DALAM PEMBERIAN PELAYANAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU

RIA TRIANI, - (2024) RESPONSIBILITY HUMAS DALAM PEMBERIAN PELAYANAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIA TRIANI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract

ABSTRAK Ria Triani, (2024) : Responsibility Humas dalam Pemberian Pelayanan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui responsibility humas dalam pemberian pelayanan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat humas dalam pemberian pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama penelitian ini adalah waka humas, sedangkan informan pendukungnya adalah kepala sekolah, dan komite sekolah. Setelah peneliti menganalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) humas sebagai Communicator sudah efektif menjalankan komunikasi dua arah antara pihak internal dan eksternal melalui berbagai media komunikasi, baik secara langsung dan tidak langsung. Humas sebagai Relationship berhasil membina hubungan yang harmonis dengan pihak internal dan eksternal, kerjasama dengan berbagai instansi melalui MoU yang mendukung program magang dan pengembangan pendidikan. Humas sebagai Back up management mendukung manajemen sekolah melalui perencanaan dan pengkomunikasian program-program, serta evaluasi hasil kegiatan. Humas sebagai Good image maker berperan penting dalam membangun citra positif sekolah melalui pencapaian prestasi, pelayanan kepada masyarakat, pemberian beasiswa, dan partisipasi dalam kegiatan sekolah. 2) Faktor pendukung humas dalam pemberian pelayanan yaitu adanya dukungan SDM sekolah dan juga masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, ketidak hadiran tokoh masyarakat dalam pertemuan rapat menyebabkan humas kesulitan untuk memberi arahan dan informasi terkait suatu permasalahan yang dihadapi. Kata Kunci: Responsibility, Humas, Pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUMAR FARUQ, --umarfaruq@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jan 2025 03:01
Last Modified: 03 Jan 2025 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85031

Actions (login required)

View Item View Item