Titi Lestari (2013) PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARANONE-TO-ONEUNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANSAINS MATERIRANGKA MANUSIA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 024TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013289PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar sains siswa di SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar masih rendah, hal ini dapat dilihat dari banyaknya fenomenafenomena yang terjadi dalam proses pembelajaran, antara lain (1) Masih ada sebagian siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan, hal ini dapat dilihat 25 orang siswa atau 62% dari 40 orang siswa yang belum mencapai KKM, (2) Siswa kurang memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapat atau ideidedalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, hal ini dapat dilihat hampir 70% dari siswa atau 40 orang tidak mampu untuk mengajukan pertanyaan ketika proses pembelajaran berlangsung. Ketika dilakukan post tes siswa kebingungan tidak bisa menjawab, (3) Rendahnya hasrat dan keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran, hal ini dapat dilihat sebagian siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru, (4) Terdapat sebagian siswa yang bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat sebagian siswa yang keluar masuk saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menerapkan teknik pembelajaran One-To-One, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan Teknik Pembelajaran One-To-One dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?. Objek penelitian ini adalah penggunaan teknik pembelajaran one to one, Sedangkan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah murid sebanyak 40 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran One To One, maka akan dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa, hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang peneliti lakukan pada data awal atau sebelum tindakan hasil belajar siswa secara klasikal belum mencapai indicator keberhasilan yang ditetapkan yaitu mencapai angka 75, begitu juga pada siklus I secara klasikal siswa belum mencapai angka indicator keberhasilan yang ditetapkan, namun secara individu hasil belajar siswa meningkat dari 40 orang siswa 25 orang yang telah mencapai ketuntasan, pada siklus II secara klasikal hasil belajar siswa telah mencapai indicator keberhasilan yaitu 75 dengan ketuntasan klasikal yaitu 85%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 10:41 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 10:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8503 |
Actions (login required)
View Item |