INDAH SAPUTRI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 32 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI INDAH SAPUTRI.pdf Download (28MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
ABSTRAK Indah Saputri (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 32 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran selain MMP ditinjau dari kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 32 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Factorial Design. Teknik pengumpulan data melibatkan teknik tes, angket, observasi serta dokumentasi. Instrumen pengumpulan datanya adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, lembar angket kemandirian belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta foto jawaban siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran selain Missouri Mathematics Project (MMP). 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 32 Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2025 02:47 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2025 02:47 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85027 |
Actions (login required)
View Item |