PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 SIAK KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

Rino Sugiarto, (2012) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 SIAK KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012621.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Siak. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Siak, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Siak berjumlah 362 orang dan diambil sampelnya 20% dari 362 orang berjumlah 78 orang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Y (hasil belajar siswa). Metode analisis korelasi data yang dipergunakan dalam penelitian ini korelasi Product Moment. Berdasarkan perhitungan diatas maka diketahui bahwa nilai r0 (hitung) = 0,0245 sedangkan r tabel untuk n 78 pada = 0,05 adalah 0,217, karena r hitung < r tabel atau, 0,0245 < 0,217, dengan demikian variabel X (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel Y (hasil belajar siswa) tidak terdapat pengaruh. Maka ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Siak ”Ho diterima” dengan sendirinya” Ha ditolak”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 06:31
Last Modified: 24 Oct 2016 06:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8502

Actions (login required)

View Item View Item