DEA MEIZZA HERFIANTI, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK MENGGUNAKAN APLIKASI POWER POINT PADA MATERI POLA BILANGAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - DEA MEIZZA.pdf Download (20MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - DEA MEIZZA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keterbatasan ketersediaan media yang berupa bahan ajar untuk siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa bahan ajar khususnya pada materi pola bilangan menggunakan Pop-Up Book dengan aplikasi power point untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 32 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran pola bilangan menggunakan Pop-Up Book dengan aplikasi power point untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk ahli materi, lembar validasi ahli tampilan, angket respon siswa (praktikalitas) dan soal posttest. Jenis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif kuantitatif dan teknis analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran pola bilangan dengan menggunakan Pop-Up Book dengan aplikasi power point untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 32 Pekanbaru yang memenuhi kategori Sangat Valid dengan nilai validasi rata-rata 91,405%. Pada aspek praktikalisasi media pembelajaran pola bilangan menggunakan Pop-Up Book dengan aplikasi power point untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMPNegeri 32 Pekanbaru yang memenuhi kategori Sangat Praktis dengan nilai persentase kelompok kecil 87% dan kelompok terbatas 88%. Pada aspek efektivitas media pembelajaran pola bilangan menggunakan Pop-Up Book dengan aplikasi power point untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 32 Pekanbaru memenuhi kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:44 | ||||||||
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:45 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85009 |
Actions (login required)
View Item |