Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMA

NURAZIZAH TAMSIL, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - NURAZIZAH.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - NURAZIZAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari self confidence siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kunto Darussalam tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen dan XI 3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, teknik angket dan teknik dokumentasi dengan. instrumen penelitian yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan lembar kegiatan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran means ends analysis dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran means ends analysis dan self confidence terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran means ends analysis berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari self confidence siswa SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRena Revita2014019201rena.revita@uin-suska.ac.id
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:55
Last Modified: 24 Dec 2024 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85008

Actions (login required)

View Item View Item