Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

DILA ROSANDA, - (2024) PENGARUH PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DILA ROSANDA.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dila Rosanda, (2024) : Pengaruh Penerapan Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 45 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMP Negeri 45 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan factorial experimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 45 Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket minat belajar, dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penerapan Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat belajar siswa, 2) terdapat pengaruh siswa dengan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman kosep matematis, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa Penerapan Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMP Negeri 45 Pekanbaru. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANNISAH KURNIATIUNSPECIFIEDannisah.kurniati@uin
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:46
Last Modified: 23 Dec 2024 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85001

Actions (login required)

View Item View Item