Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM BERKOMUNIKASI KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Asiska Agustin (2011) KORELASI PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM BERKOMUNIKASI KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011711.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu penerapan metode diskusi (variabel bebas/variabel X) dan sikap percaya diri siswa dalam berkomunikasi (variabel terikat/variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah korelasi antara kedua variabel yang diteliti yakni penerapan metode diskusi dengan sikap percaya diri siswa dalam berkomunikasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penerapan metode diskusi dengan sikap percaya diri siswa dalam berkomunikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru EKONOMI dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Singingi Kec.Singingi Kab. Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah korelasi penerapan metode diskusi dengan sikap percaya diri siswa dalam berkomunikasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 105 orang beserta 1 orang guru EKONOMI, sampel dalam penilitian ini sebanyak 50 orang. Data-data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik diantaranya teknik angket dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari penelitian terhadap 2 variabel ini adalah berupa data-data bersifat interval, sehingga analisis terhadap data tersebut menggunakan teknik korelasi product moment. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan metode diskusi dengan sikap percaya diri siswa dalam berkomunikasi, dengan mengetahui bahwa rxy = 0,676 lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,354<0,676>0,273.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:46
Last Modified: 14 Jan 2016 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item