PELAKSANAAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN Dl MTS-TI KECAMATAN TAMBANG KEBUPATEN KAMPAR

Devi Dewati, (2012) PELAKSANAAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN Dl MTS-TI KECAMATAN TAMBANG KEBUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012587.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Fungsi kepala sekotah sebagai supervisor pendidikan mencakup kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan pembangkitan semangat dan kerjasama guru-guru, pemenuhan alat-alat perlengkapan sekotah demi kelancaran pengajaran, pengembangan, dan pembinaan pengetahuan serta keterampilan guru-guru dan kerjasama antar sekolah dan masyarakat.yang semuanya ditujukan untuk mempertinggi mutu pendidikan dan pengajaran siswa. Kepala sekolah sebagai supervisor berarti bahwa kepala sekofah hendaknya pandai meneliti, mencari, dan menentukan syarat-syarat mana yang diperiukan bagi kemajuan sekolahnya sehingga tujuan pendidikan disekolah tercapai secara maksimal. Namun dalam realita penulis masih menemukan pelaksanaan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan belum sesuai dengan prosedur yang diharapkan. Hal ini terlihat dari gejala-gejalanya yaitu: 1. Kepala sekolah kurang memberikan motivasi kepada guru-gum dalam membuat rencana pembelajaran. 2. Kepala sekolah kurang memperhatikan metode yang digunakan guru-guru dalam proses belajar mengajar. 3. Kepala sekolah kurang mengadakan tukar informasi dengan guru-guru dan staf sekolahnya. Berangkat dari gejala-gejala diatas, maka rumusan masalahnya adalah: Bagaimana pelaksanaan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di MTs-TI Kec. Tambang dan apa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di MTs-TI Kec. Tambang Kab. Kampar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menyajikan data dengan kata-kata untuk memperoleh kesimpulan. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di MTs-TI Kec. Tambang Kab. Kampar dapat di katregorikan kurang baik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di MTs-TI Kec. Tambang Kab. Kampar adalah: Kepala sekolah kurang memberikan motivasi seperi bimbingan atau arahan dalam membuat rencana pembelajarankepada guru-guru dalam menjalankan tugasnya, kepala sekolah kurang mengembangkan, mencari, dan menggunakan metode-rnetode mengajar yang lebih sesuai dengan tuntutan kurikulum yang sudah berlaku, kepala sekolah tidak menempatkan guru-guru pada tempat tugasnya sesuai dengan kecakapannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 06:27
Last Modified: 24 Oct 2016 06:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8499

Actions (login required)

View Item View Item