Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERUPUK AMPLANG UDANG KEMBAR MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN TOPSIS

EVITA DWI NANDA, - (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KERUPUK AMPLANG UDANG KEMBAR MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN TOPSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR EVITA DWI NANDA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKR.O KECIL MENENGAH (UMKM) KERUPUK AMPLANG UDANG KEMBAR MENGGUNAKAN MET.ODE SW.OT DAN T.OPSIS EVITA DWI NANDA NIM : 12050220410 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Tekn.ol.ogi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. S.oebrantas Km. 15 N.o. 155, Pekanbaru ABSTRAK Penjualanan pada UMKM Kerupuk Amplang Udang Kembar mengalami fluktuasi dan penjulanannya tidak mencapai target di tiap tahunnya, salah satu penyebab tidak tercapainya target penjualanan yaitu pemasaran yang di lakukan masih kurang maksimal dikarenakan usaha bisnis ini hanya mempr.om.osikan pr.oduk dari mulut kemulut melalui teman, kerabat maupun keluarga. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi fakt.or internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan dan memberi usulan strategi alternatif yang dapat di terapkan guna meningkatkan penjualanan pada UMKM Kerupuk Amplang Udang Kembar menggunakan met.ode SW.OT dan T.OPSIS. Hasil penelitian Matriks SW.OT menunjukkan p.osisi kuadran matriks internal-eksternal yaitu berada pada kuadran I, ini berarti menunjukkan bahwa fakt.or internal perusahaan lebih kuat dari fakt.or eksternal yaitu dengan sk.or IFE sebesar 3,454 dan sk.or EFE sebesar 3,113. .Oleh karena itu strategi yang diperlukan .oleh UMKM Kerupuk Amplang Udang Kembar yaitu strategi tumbuh dan membangun yang artinya strategi untuk tumbuh kearah yang lebih baik dan mengembangkan usaha menjadi lebih baik lagi. Sedangkan hasil yang didapat pada penelitian T.opsis menunjukkan bahwa strategi alternatif yang dapat di terapkan .oleh UMKM Kerupuk Amplang Udang Kembar yaitu strategi alternatif 2 yaitu memanfaatkan kemajuan tekn.ol.ogi dengan memasarkan pr.oduk di media s.osial dengan memilki nilai preferensi sebesar 0,7515. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Matriks IE, SW.OT, T.opsis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNAZARUDDIN, --nazaruddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:14
Last Modified: 31 Dec 2024 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84962

Actions (login required)

View Item View Item