PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 SIAK KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

Sulaiman Sitorus, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 SIAK KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012568.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang dapat diperoleh dari eksperimen berdasarkan perlakuan (treatment) terhadap suatu unit percobaan dalam batas batas desain yang ditetapkan pada kelas eksperimen sehingga diperoleh data yang menggambarkan apa yang diharapkan. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Siak Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d bulan Mei. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI semester genap tahun ajaran 2011/2012 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Siak tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dikondisikan lapangan. Teknik pengumpulan data ada 3 yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah statistik parametri. Statistik parametri digunakan untuk menguji parameter populasi melalui statistik, atau menguji ukuran populasi melalui data sampel. Tahapan yang dilakukan antara lain : uji homogenitas dan uji hipotesis. Cara yang paling sederhana untuk menguji homogenitas varians populasi dapat dilakukan dengan uji F. Berdasarkan hasil analisa penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar agama islam siswa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan sebesar 78,28 lebih baik dari hasil belajar konvensional sebesar 68,25. Dan juga berdasarkan perbandingan tt dengan t0 baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,00 < 2,858 > 2,65). Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 06:23
Last Modified: 24 Oct 2016 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item