HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Eli Diana, (2012) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012559.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Usaha siswa untuk mencapai prestasi belajar yang dilakukannya berkaitan dengan konsep diri siswa terhadap dirinya, yaitu bagaimana cara siswa memandang hal-hal yang telah di alaminya melalui interaksi. Maka penelitian terhadap hubungan konsep diri dan prestasi belajar perlu dilakukan untuk membuktikan apakah ada atau tidak hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar. Setiap usaha yang dilakukan seseorang siswa dalam mencapai prestasi belajar akan diselaraskan dengan konsep dirinya. Para ahli psikologi dan pendidikan berkeyakinan bahwa konsep diri dan prestasi belajar mempunyai hubungan yang sangat erat. Nylor mengemukakan bahwa banyak penelitian yang membuktikan hubungan positif yang kuat antara konsep diri dengan prestasi belajar di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Koto Tuo. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa yang ada di SMPN 3 Koto Tuo. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa SMPN 3 Koto Tuo sedangkan objeknya adalah Hubungan Antara Konsep Diri dengan Prestasi Belajar siswa. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada nilai korelasi 5% karena ini dibuktikan dari hasil korelasi product moment menyatakan table rt 0. 580 > 0.361 dan nilai korelasi 1% 0.463. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan sangat signifikan Konsep Diri dengan Prestasi Belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 06:18
Last Modified: 24 Oct 2016 06:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item