KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH ATAS MUHAMMADIYAH I PEKANBARU

Siti Masykhuroh, (2012) KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH ATAS MUHAMMADIYAH I PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012508.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal yang penulis lakukan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru ditemui gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya kompetensi sosial guru terhadap siswa diantaranya: Ada guru yang menggunakan bahasa yang kurang pantas terhadap peserta didik ketika marah, berbicara kasar dengan peserta didik, tidak mengetahui status atau keberadaan peserta didik di sekolah tersebut, dan tidak menegur siswa yang melakukan pelanggaran disiplin kelas. Berdasarkan gejala-gejala di atas, maka penulis merumuskan masalah dari penelitian ini yaitu. (1) Bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru? (2) Apa faktor faktor yang mempengaruhi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru? Tujuan utama penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi sosial guru di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan Untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru.. Bentuk penelitian yaitu deskriptif kulitatif dan di fokuskan hanya pada satu variabel. Subyek penelitian ini adalah para guru di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada tahun ajaran 2011-2012. Data penelitian ini di kumpulkan selama 1 bulan. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan untuk dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Sosial Guru terhadap siswa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru Setelah menganalisa data, penulis menyimpulkan bahwa kompetensi sosial guru sangat kompeten, yakni sebesar 85.90 %. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi Kompetensi Sosial Guru di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru antaralain faktor dari guru, kurikulum, sarana prasarana, latar belakang pendidikan dan faktor ekonomi (penghasilan guru). Berdasarkan kesimpulan tersebut maka penulis memberi masukan kepada guru-guru di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru agar dapat meningkatkan kompetensi sosial mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 06:15
Last Modified: 24 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8491

Actions (login required)

View Item View Item