HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH HUBBUL WATHAN KUANTAN SINGINGI

Ana Semi, (2012) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH HUBBUL WATHAN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012502.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan guru penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasi yang terdiri dari dua variabel. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru fiqih dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan pada tahun ajaran 2012 yang berjumlah 64 orang. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Data penelitian ini dikumpulkan selama 1 bulan. Intrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan guru memberi penguatan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Setelah menganalisis data melalui uji SPSS 16.00 korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,791 pada taraf signifikansi 1% yaitu 0.514 < 0,791 > 0,641. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 06:14
Last Modified: 24 Oct 2016 06:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8490

Actions (login required)

View Item View Item