HUBUNGAN KEAKTIFAN DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM SUKARAJA KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Ririn Puji Astuti, (2012) HUBUNGAN KEAKTIFAN DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM SUKARAJA KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012499.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan keaktifan siswa dalam belajar dengan prestasi belajar siswa. karena di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sukaraja masih terdapat siswa yang aktif dalam belajar tetapi prestasi belajarnya tidak baik dan masih terdapat siswa tidak aktif dalam belajar tetapi prestasi belajarnya baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dalam belajar dan hubungannya dengan belajar siswa, dengan hipotesa awal adalah siswa yang aktif dalam belajar akan memiliki prestasi yang baik daripada siswa yang tidak aktif dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi dengan subjek siswa yang sudah di acak dengan jumlah 35 orang. penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan objek penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak. Berdasarkan penyajian dan analisa data menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam belajar aqidah akhlak dikategorikan aktif. hal ini dapat diketahui dari hasil observasi yang menunjukkan hasil akhir yaitu 61% yang terletak pada standar 61% - 80% yang berarti aktif. sedangkan prestasi belajar siswa dikategorikan baik, hal ini menunjukkan dari nilai rata-rata pada rapor siswa yaitu 82,23 yang terletak pada standar 70 - 80 yang berarti baik. keaktifan siswa dalam belajar dan prestasi belajar siswa terdapat hubungan yang signifikan, hal ini diketahui dari hasil analisa data yaitu rch = 0,886 jauh lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,349 dan taraf signifikan 1% = 0,449 atau dapat ditulis dengan 0,886>0,349>0,449.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:37
Last Modified: 24 Oct 2016 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8488

Actions (login required)

View Item View Item