Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN KURIKULUM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DAN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU (SIT) DI TINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA/I SMP IT DI KOTA PEKANBARU

ADE SAPUTRA, - (2024) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN KURIKULUM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DAN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU (SIT) DI TINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA/I SMP IT DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ade Saputra, (2024) : Studi Komparatif Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ditinjau dari Kemampuan Siswa/i SMP IT di Kota Pekanbaru Penelitian ini merupakan studi komparatif terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa/i SMP IT di Kota Pekanbaru yang menggunakan dua kurikulum berbeda, yaitu Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu (SIT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hasil belajar pendidikan agama islam menggunakan kurikulum jaringan sekolah islam terpadu (JSIT) dan kurikulum sekolah islam terpadu (SIT) di tinjau dari kemampuan siswa/i. Analisis dilakukan menggunakan two way ANOVA untuk menguji efek dari variabel-variabel pada variabel dependen Nilai_Tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa model secara keseluruhan signifikan (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor-faktor yang diteliti terhadap Nilai_Tes. Faktor Kelompok memiliki pengaruh signifikan (p = 0,000), begitu pula dengan faktor Kurikulum (p = 0,000). Selain itu, interaksi antara Kelompok dan Kurikulum juga signifikan (p = 0,043), yang menunjukkan bahwa efek kurikulum pada nilai tes bervariasi tergantung pada kelompok. Koefisien determinasi (R-Squared) sebesar 0,737 menunjukkan bahwa 73,7% variabilitas Nilai_Tes dapat dijelaskan oleh model, sehingga model ini cukup baik dalam menjelaskan perbedaan nilai tes berdasarkan variabel-variabel yang diteliti. Kesimpulannya, Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pencapaian akademik siswa/i yang menggunakan kurikulum JSIT menekankan pada pembentukan karakter Islam yang menyeluruh. Programnya lebih terstruktur, dalam, mentoring siswa, pembinaan akhlak melalui program halaqah tarbawiyah, dan pembiasaan seperti shalat berjamaah, membaca Al- Qur'an, dan kultum. Pendekatan pembentukan sikap juga Islami, tetapi bisa bervariasi tergantung pada masing-masing sekolah. Dan SIT Tidak selalu ada standar atau sistem yang seragam, tergantung pada kebijakan sekolah. Pembiasaan juga dilakukan, tetapi mungkin lebih bervariasi. Program ini tergantung pada visi dan misi masing-masing sekolah, sehingga tidak selalu ada keseragaman dalam penerapannya. Kata Kunci: Studi komparatif, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum JSIT, Kurikulum SIT.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHARTONO, -2001036402hartono@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:58
Last Modified: 12 Dec 2024 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84857

Actions (login required)

View Item View Item