PENGARUH MEMBACA BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Eka Gustinora, (2012) PENGARUH MEMBACA BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012463.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan masih ada sebagian siswa yang tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam membaca buku. Gejala tersebut adalah masih ada sebagian siswa yang lebih gemar bermain dari pada membaca buku di perpustakaan sekolah, masih ada di antara siswa yang rajin membaca buku di perpustakaan sekolah, tetapi hasil belajarnya rendah, masih ada diantara siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal dengan baik setelah diberi penjelasan terhadap suatu materi oleh guru. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut ke dalam sebuah penelitian yang berjudul : pengaruh membaca buku pelajaran Pendidikan Agama Islam di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri I Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Untuk memudahkan penulis meneliti masalah di atas maka penulis membuat rumusan masalah yakni apakah ada pengaruh yang signifikan membaca buku pelajaran Pendidikan Agama Islam di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri I Kampar yang berjumlah 276 siswa. Sedangkan sampel berjumlah 69 siswa yang diambil 25% dari jumlah populasi. Untuk menjaring data yang diperlukan, penulis menggunakan metode angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis menggunakan teknik análisis product moment. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis laksanakan bahwa membaca buku pelajaran Pendidikan Agama Islam di perpustakaan sekolah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri I Kampar. Hal ini dapat diketahui dari diterimanya Ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:33
Last Modified: 24 Oct 2016 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item