Irhamdi Rangkuti, - (2024) PENGGUNAAN TERAPI APPILIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) DALAM MENGEMBANGKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DI UNIT LAYANAN DISABILITAS (ULD) PENDIDIKAN DINAS PENDIDKAN PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Anak autis pada umumnya mengalami hambatan pada kemampuan interaksi sosialnya. Interaksi sosial merupakan kesulitan yang nyata bagi anak-anak berkebutuhan khusus, terutama dalam melakukan hubungan sosial dengan teman sebaya serta lingkungannya. Applied Behavior Analysis (ABA) merupakan salah satu metode terapi yang terstruktur, terukur dan terarah sehingga dalam melaksanakannya perlu perencanaan yang baik sesuai dengan kebutuhan anak, memiliki tahapan dan tujuan yang jelas. Terapi ABA adalah terapi tatalaksana perilaku, lebih menekankan pada pelatihan kontak mata, motorik kasar, mengikuti instruksi sederhana dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan terapi ABA dalam mengembangkan interaksi sosial anak autis di Unit Layanan Disabilitas (ULD) Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan terapi ABA dapat mengembangkan interaksi sosial anak autis di Unit Layanan Disabilitas (ULD) Pekanbaru. Faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan dari penggunaan terapi ABA adalah kerja sama antara orang tua dengan para terapis dalam mendukung peningkatan sosial anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2024 03:54 | ||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2024 03:54 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84847 |
Actions (login required)
View Item |