Riska Yanti, - (2024) Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier pada Materi Sistem Periodik Unsur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
Abstract
ABSTRAK Riska Yanti (2024): Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier pada Materi Sistem Periodik Unsur Miskonsepsi merupakan pemahaman siswa terhadap suatu konsep yang bertentangan dengan pemahaman ilmiah atau konsep yang di yakini oleh para ahli. Sistem periodik unsur merupakan materi yang bersifat abstrak yang memiliki banyak istilah dan kosa kata baru, meliputi pokok bahasan mengenai golongan, periode, sifat-sifat keperiodikan unsur yaitu jari-jari atom atau ion, energi ionisasi, keelektronegatifan, dan afinitas elektron serta sifat fisik dan sifat kimia unsur sehingga dianggap sulit dan mengalami miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi sistem periodik unsur dan mengetahui berapa besar miskonsepsinya. Jenis penelitian yang digunakan berupa Mixed Methods dengan tipe Explanatory Sequential Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.A1 SMA N 1 Rambah sebanyak 35 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes diagnostik Four-Tier, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi sistem periodik unsur pada semua konsep yang diujikan. Miskonsepsi paling tinggi terjadi pada indikator (6) menentukan hubungan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letak golongannya dalam tabel periodik sebesar 53% dan miskonsepsi paling rendah terjadi pada indikator (4) menentukan isotop, isobar, dan isoton sebesar 11%. Secara keseluruhan persentase miskonsepsi pada materi sistem periodik sebesar 38%, paham konsep sebesar 32%, paham sebagian 19%, dan tidak paham konsep sebesar 11%. Kata Kunci : Miskonsepsi, Diagnostik Four-Tier, Sistem Periodik Unsur
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:58 | ||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:58 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84809 |
Actions (login required)
View Item |