Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Metode Al-Bayan Dengan Menggunakan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas III SDN 022 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar

Sutriningsih (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Metode Al-Bayan Dengan Menggunakan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas III SDN 022 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012410.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Persoalan tidak aktifnya siswa dalam belajar, terutama Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu masalah pendidikan yang harus dicari solusinya oleh pihak terkait, terutama guru yang mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena ketidak aktifan seperti ini akan berdampak pada hasil belajar atau prestasi para murid. Supaya hal ini tidak berkepanjangan, peneliti menawarkan salah satu solusi yaitu merancang metode pembelajaran yang efektif dan seefesien mungkin. Salah satu metode pembelajaran adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Al-Bayan melalui metode Al-Bayan diharapkan murid dapat belajar lebih aktif. Melihat hal tersebut penulis melakukan Penelitian yang dilakukan di SDN 022 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun objek penelitian ini adalah aktifitas belajar Pendidikan Agama Islam, sedangkan penelitian dilakukan dengan menggunakan obeservasi dan refleksi. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian melalui obeservasi dan refleksi, maka penulis menyajikan data-data tersebut. Setelah dianalisis, hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dilihat pada kesimpulan berikut ini. Upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa tergolong baik, karena berada antara 80 % - 100 %. terdapat perbedaan signifikan di dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam apabila dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode Al-Bayan. Perbedaan ini meninjukan bahwa penggunaan metode Al-Bayan lebih baik dibandingkan pengajaran menggunakan metode ceramah satu arah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:06
Last Modified: 24 Oct 2016 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item