Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PERSUASIF DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL MUBTADI‟IEN SUMBER MAKMUR KABUPATEN KAMPAR

EKA WAHYU HINDARSYAH, - (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PERSUASIF DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL MUBTADI‟IEN SUMBER MAKMUR KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Eka Wahyu Hindarsyah, (2024): Implementasi Pendekatan Persuasif dalam Membina Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi‟ien Sumber Makmur Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab siswa kurang disiplin, mengetahui implementasi pendekatan persuasif dalam membina kedisiplinan siswa, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan persuasif dalam membina kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi‟ien Sumber Makmur Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Field Research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknis analisis datanya adalah reduksi data; Paparan data; dan penarikan kesimpulan dan analisis SWOT. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Penyebab kurangnya sikap disiplin siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi‟ien Sumber Makmur disebabkan dari kesadaran diri siswa yang kurang, dan kurangnya rasa menghormati siswa terhadap guru yang mengakibatkan mengabaikan intruksi dari guru. 2) Implementasi pendekatan persuasif dalam membina kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi‟ien Sumber Makmur dimulai dari tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan persuasif dengan memperhatikan tahap pemahaman, tahap encoding, tahap decoding, dan tahap evaluasi. 3) Faktor pendukung Implementasi Persuasif dari keadaan lingkungan dan kerjasama antar orangtua murid sangat baik. 4) Ada berbagai faktor penghambat dalam pelaksanaan persuasif dimulai dari guru, siswa, serta sarana dan prasarana. 5) Ada berbagai solusi yang diberikan dalam permasalahan implementasi persuasif yang dialami Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi‟ien Sumber Makmur. Kata kunci : Implementasi, Pendekatan Persuasif, dan Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Type designerTOHIRIN2012086701tohirin09@yahoo.co.id
Thesis advisorANDI MURNIATI2017086502andi.murniati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:50
Last Modified: 10 Dec 2024 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84793

Actions (login required)

View Item View Item