Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN METODE HALAQAH PADA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA AL-ISLAMI MARPOYAN DAMAI PEKANBARU

Zulfikri (2012) PELAKSANAAN METODE HALAQAH PADA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA AL-ISLAMI MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012406.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Marpoyan Damai Pekanbaru adalah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren di Pekanbaru, yang mempertahankan metode tradisional (halaqah) dalam pengajaran kitab (sistem pengajaran dengan cara kiyai membaca suatu kitab dalam waktu tertentu dan santri dengan membawa kitab yang sama mendengarkan dan menyimak bacaan kiyai) dan dalam kesehariannya mengaji kitab kuning atau kitab gundul yang tidak berharkat, lalu diberi harkat oleh guru, tentu saja guru membacanya dengan memahami ilmu alat seperti Nahwu Sharaf dan semuanya sudah dibekali dengan ilmu alat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Metode Halaqah pada pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Marpoyan Damai Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam penelitian ini yang mejadi subjek penelitian adalah santri dan guru yang mengajar dan belajar kitab-kitab kuning. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan metode halaqah pada pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Marpoyan Damai Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai Pelaksanaan Metode Halaqah Pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Marpoyan Damai Pekanbaru dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan metode halaqah pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Marpoyan Damai Pekanbaru adalah cukup. Hal ini terlihat dari jumlah yang diperoleh yakni 70,66%. Sesuai dengan ukuran persentase yang penulis tetapkan bahwa kategori antara 56%-75% tergolong cukup. 2. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Metode Halaqah pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Al Islami Marpoyan Damai Pekanbaru yang paling dominan adalah: a. Setaranya pelajaran kitab kuning dengan pelajaran-pelajaran umum sehingga siswa lebih termotivasi dalam pencapaian tujuan pembelajaran kitab kuning. b. Persepsi yang baik oleh siswa terhadap pentingnya pembelajaran kitab kuning sebagai sumber murni hukum-hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:02
Last Modified: 24 Oct 2016 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8477

Actions (login required)

View Item View Item