Tri Nanda Rayhatul Jannah, Nanda (2024) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PERBANKAN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa-siswi yang melanggar tata tertib sekolah seperti, terlambat masuk sekolah, suka bermain handphone saat upacara, membuang sampah sembarangan, membolos sekolah, berbohong, dan berkelahi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan karakter disiplin siswa di SMK Perbankan Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini adalah 193 siswa di SMK Perbankan Riau. Sampel berjumlah 130 siswa yang ditetapkan dengan teknik Slovin. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan model skala likert. Data penilitian ini dianalisis menggunakan uji korelasi pearson product moment. Temuan penelitian menunjukan bahwa hubungan konsep diri dengan karakter disiplin siswa di SMK Perbankan Riau berkorelasi positif signifikan dengan adanya nilai korelasi 0,481 yang berkorelasi kuat dan taraf signifikan 0,000 < 0,005. Sedangkan hasil determinan didapatkan hasil R Squere adalah 0,232 atau sama dengan 23,2%. Oleh karena itu, Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan karakter disiplin siswa di SMK Perbankan Riau. Maka semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi pula karakter disiplin siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Karakter Disiplin | ||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2024 07:08 | ||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:08 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84765 |
Actions (login required)
View Item |