Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LIPAT KAIN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Erianto (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LIPAT KAIN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012405.pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Masalah pokok penelitian ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut: Hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar atau masih teridentifikasi rendah, Masih ada siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru, Masih ada siswa yang belum mengerti dan memahami materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru, Apakah strategi pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Lipat Kain Kecamatan Kampar Kiri. Berdasarkan masalah masalah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri Lipat Kain Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Lipat Kain yang berjumlah 24 orang sedangkan objeknya adalah Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri Lipat Kain. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan Tes. Kemudian Data yang penulis peroleh peneliti analisis dengan menggunakan Analisis Deskriptif atau analisis ketuntasan belajar secara individu dan klasikal dan analisis tes “t”. Hasil dari penelitian strategi pembelajaran inkuiri diperoleh ketuntasan secara klasikal pada pertemuan pertama berdasarkan hasil tes yaitu 58,33%, sedangkan secara individu ada 14 orang siswa yang tuntas. Pada pertemuan kedua ada 17 orang siswa yang tuntas secara individu dengan ketuntasan klasikal 70,83%. Kemudian pada uji coba strategi yang terakhir/ ketiga hasil belajar siswa secara klasikal hasil ketuntatasannya adalah 87,5%, dengan ketuntasan secara individu 21 orang siswa. Ketuntasan sebelum eksperimen secara klasikal 45,83%, dan analisis tes “t” menunjukkan = 6,90 berarti lebih besar dari pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% = ( 2,07 < 6,90 > 2,81 ). Dengan demikian diterima dan ditolak. Berarti ada pengaruh signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTsN Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:01
Last Modified: 24 Oct 2016 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item