Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN LIFE SKILLS DALAM KEGIATAN MARKET DAY DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-MADANI KUANTAN SINGINGI

EDI UTOMO, - (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN LIFE SKILLS DALAM KEGIATAN MARKET DAY DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-MADANI KUANTAN SINGINGI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Edi Utomo, (2024): Penanaman Nilai-nillai Pendidikan Islam dan Life Skills dalam Kegiatan Market Day di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Madani Kuantan Singingi Pendidikan Islam tidak hanya bertujuan membentuk individu yang taat secara spiritual, tetapi juga membekali peserta didik dengan keterampilan hidup (life skills). Namun, fenomena rendahnya penerapan nilai-nilai Islami dan minimnya penguasaan keterampilan hidup di kalangan siswa menjadi perhatian di dunia pendidikan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menjawab tantangan ini adalah melalui kegiatan Market Day. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dan life skills dalam kegiatan Market Day, menganalisis efektivitasnya dalam membentuk karakter siswa, serta mengungkap kendala dan solusi dalam implementasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di sekolah menengah pertama berbasis Islam . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Market Day efektif sebagai media pembelajaran integratif. Nilai-nilai pendidikan Islam, seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan sikap adil, dapat ditanamkan melalui praktik langsung dalam kegiatan jual beli. Sementara itu, keterampilan hidup, seperti kecakapan personal, berpikir rasional dan vokasional berkembang secara signifikan melalui pengalaman siswa. Kendala utama yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman guru dalam mengintegrasikan nilai Islam secara maksimal dan masih kurangnya evaluasi program. Solusi yang diusulkan adalah pelatihan intensif untuk guru, peningkatan evaluasi tindak lanjut kegiatan, dan keterlibatan orang tua sebagai mitra dalam kegiatan Market Day. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Market Day dapat menjadi sarana strategis untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dan keterampilan hidup. Implementasi yang lebih terarah dan kolaborasi antarpihak dapat meningkatkan efektivitas kegiatan ini dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan global. Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Life Skills, Market Day.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSALMAINI YELI, -2001066901salmaini.yeli@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMUDASIR, -2008116601mudasir@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 06 Dec 2024 01:28
Last Modified: 06 Dec 2024 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84751

Actions (login required)

View Item View Item