KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Abid Muzakir, (2012) KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012344.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar terlihat adanya kesenjangan. Hal ini terlihat dari gejala-gejala sebagai berikut: 1. Masih banyak siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padang Mutung membaca Alqur’an tidak sesuai dengan tuntunan ilmu tajwid. 2. Sebagian siswa belum menggunakan tanda baca ( panjang pendek) dalam membaca Alqur’an sesuai dengan tuntunan ilmu tajwid. 3. Ada di antara siswa tidak mau mengikuti pelajaran Alqur’an dengan baik. 4. Masih ada di antara siswa yang tidak mempunyai kitab suci Alqur’an sebagai pegangannya di waktu proses pembelajaran di sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kemampuan siswa membaca Alqur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan siswa membaca Alqur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar yang berjumlah 130 siswa. Mengingat keterbatasan waktu maka penulis mengambil sampel sebanyak 50% sehingga siswa yang diteliti menjadi 65 orang siswa, yang menjadi objek dari penelitian ini adalah kemampuan siswa membaca Alqur’an di MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah tes dan angket. Setelah dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Siswa Membaca Alqur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dikategorikan “ Mampu” dengan hasil persentase 67.56 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Oct 2016 03:00
Last Modified: 24 Oct 2016 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item