Perisi Nopel (2015) Hubungan antara Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Berbicara Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS FULL_PERISI NOPEL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV_PERISI NOPEL.pdf Download (504kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah variabel X (penguasaan Mufrodat Bahasa Arab santri) dan yang kedua adalah variabel Y (kemampuan berbicara santri). Subjek penelitian ini adalah Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penguasaan mufrodat bahasa arab terhadap kemampuan berbicara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Untuk penguasaan Mufrodat, penulis menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Dalam tes pilihan ganda, penulis menyediakan santri kalimat tidak lengkap yang diikuti dengan empat pilihan ganda untuk melengkapi kalimat tersebut. Kemudian, untuk kemampuan berbicara, penulis menggunakan tes berbicara yaitu dengan bermuhadasah dengan para santri dengan judul yang telah ditentukan. Populasi penelitian berjumlah 24 orang santri. Kemudian, dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik total sampling. Dengan menggunakan rumus product moment melalui SPSS 17.00 untuk menganalisis data, penulis menemukan bahwa r null adalah 0,576 dan r tabel adalah 0,537 pada tingkat 1% dan 0,423 pada tingkat 5%. Dengan kata lain, r null lebih besar daripada r tabel baik pada tingkat 5% atau 1%. (H0 ditolak dan Ha diterima). Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan mufrodat bahasa arab dan kemampuan berbicara santri. Selanjutnya, penulis menemukan bahwa besarnya pengaruh penguasaan mufrodat dalam kemampuan berbicara adalah 34,18%. Dapat disimpulkan bahwa, kemampuan berbicara Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru ditentukan oleh penguasaan mufrodat bahasa arab mereka. Besar pengaruhnya adalah 34,18%. Kemudian, 65,82% lainnya adalah pengaruh dari faktor faktor yang lain.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 400 Bahasa |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:43 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 03:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/84727 |
Actions (login required)
View Item |