PENERAPAN METODE PENDEKATAN KONTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN POKOK BAHASAN MATERI KEBUTUHAN DAN SUMBER DAYA PADA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL ULUM UKUI KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN

Miftahunahar, (2011) PENERAPAN METODE PENDEKATAN KONTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN POKOK BAHASAN MATERI KEBUTUHAN DAN SUMBER DAYA PADA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL ULUM UKUI KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011694.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan latar belakang penelitian adalah rendahnya tingkat pemahaman belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Hal ini dapat diketahui bahwa dari 30 siswa hanya sebagian siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru dengan benar ketika dilakukan evaluasi dengan Tanya jawab. Kurangnya penugasan siswa terhadap materi yang diajarkan, dapat terlihat dari hasil ulangan harian yang dilaksanakan maupun nilai mid semester siswa yang mayoritas du bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 60 dan kurangnya keinginan siswa bertanya pada guru maupun kerjasama dengan siswa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Ukui dengan penerapan pendekatan kontruktivistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Ukui semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontruktivistik untuk meningkatkan pemahaman belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Ukui membuat hasil belajar meningkat. Hal ini berarti tingkat pemahaman belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari analisis data tentang keberhasilan tindakan diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki nilai di atas 60 sesudah tindakan dibandingkan dengan jumlah siswa yang memiliki nilai di atas 60 sebelum tindakan dengan persentase ketuntasan sebesar 33,3%, dan pada ulangan harian I meningkat dengan 56,6%. Sedangkan pada ulangan harian II diperoleh persentase 90% siswa yang memperoleh nilai minimal atau diatas 60. Dengan demikian target ketuntasan sebesar 75% dalam penelitian ini sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:43
Last Modified: 14 Jan 2016 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item